Kunjungi Website kami di http://www.wartafokus.com

Kamis, 18 November 2010

Mencegah dan Mengobati Thypus dengan Obat Tradisional





Typus adalah infeksi penyakit akut usus halus, nama lain typus adalah typhoid atau typus abdominalis. Penyebabnya adalah kuman salmonella typhi. Penularan s.typhi terjadi melalui mulut dan makanan yang tercemar. Sebagian kuman akan di musnahkan di dalam lambung untuk asam lambung. Sebagian lagi masuk ke usus halus, mecapai jaringan limfe dan berkembang biak. Kuman kuman selajutnya masuk ke beberapa jaringan organ tubuh, terutama limpa, usus dan kandung empdu. Demam pada typus disebabkan s.typhi dan edotoksinya merangsang sintesis dan pelepasan zat pirogen (menimbulkan panas) pada jaringan yang meradang.

Patologi
Kelainan patologik utama di usus halus, terutama di usus halus bagian distal (bawah). Pada minggu pertama penyakit menjadi hyperplasia (pembesaran sel sel) plaks peyer, di susul minggu kedua terjadi nekrosis (pembusukan) dan dalam minggu ketiga ulserasi plaks peyer dan selanjutnya pada minggu ke empat penyembuhan ulkus (luka luka) dengan meninggalkan sikatris (jaringan parut). Ulkus berbentuk lonjong dan sumbu memanjang sejajar dengan sumbu usus.
Hati membesar dengan infiltrasi limfosit, zat plasma dan sel mononuvlear, serta terdapat nekrosis fokal. Sistem retikoendotelial menunjukan hyperplasia dan kelenjar kelenjar mesenterial dan disertai pembesaran limpa.
Penggunaan tanaman obat tradisional untuk mengatasi penyakit typus
Pengobatan medis konfedinal sudah umum dilakukan untuk mengatasi gangguan typhus . namun disisi lain obat herbal dapat di jadikan suatu pilihan untuk kesembuhan pasien. Beberapa tanaman obat seperti sambiloto (Adrographis paniculata), bidara upas (Merremia mammosa), rumput mutiara   (Hedyotis orymbosa), temulawak (Curcuma xantorrhiza) dapat digunakan untuk mengatasi penyakit typus. Herbal tersebut mempunyai fungsi penurun panas, anti radang, menigkatkan kekebalan, meghilangkan racun dan melancarkan peredaran darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar